Blog tentang cerita dongeng anak-anak, cerita pendek (cerpen) remaja - dewasa, dan penulis cerita terkemuka di dunia.

Senin, 25 Februari 2013

Brother Grimm (Grimm Bersaudara)

Ilustrasi Brother Grimm yang dibuat oleh Elisabeth Jerichau-Baumann
Wikipedia
Akoh itu tidak tahu, bagaimana menyebut Brother Grimm (atau Grimm bersaudara), apakah harus disebut penulis atau pengumpul dongeng-dongeng di seluruh dunia. Jika penulis, maka dongeng-dongeng yang terkenal sekarang ini, seperti Cinderella, Rapunzel, Snow White, Hansel and Gratel dan lain sebagainya itu bukanlah karya asli mereka. Jika pengumpul dongeng, tapi Brother Grimm juga menulis ulang dongeng-dongeng tersebut. Ah, jadi bingung sendiri akoh. Saran dari guru akoh, sebut saja Brother Grimm (Grimm bersaudara) sebagai penulis ulang (pengumpul) dongeng-dongeng terkenal dunia. Ya, mungkin itu lebih tepat ya...

Tapi, sebenarnya, tahu nggak sih teman-teman dengan Brother Grimm? 

Brother Grimm adalah dua kakak beradik yang bernama Jacob Grimm (1785-1863) dan Wilhelm Grimm (1786-1859). Keduanya merupakan akademisi, ahli bahasa, peneliti budaya, dan penulis asal Jerman yang mempunyai ketertarikan yang sama: mengumpulkan cerita rakyat. Bisa dibilang bahwa mereka adalah tukang cerita (pendongeng) cerita rakyat Eropa paling terkenal.

Semasa kecil, mereka menghabiskan kehidupannya di Hanau dan Steinau, Jerman. Kematian sang ayahlah pada 1796 yang mengubah segalanya. Saat itu, Jacob berusia sebelas dan Wilheim sepuluh tahun sudah harus merasakan kerasnya kehidupan gara-gara keluarga mereka jatuh miskin sepeninggalnya sang ayah.

Sampai sini belum ada tanda-tanda bahwa mereka dilahirkan sebagai pendongeng. Baru ketika mereka berkuliah di University of Marburg, di mana seorang sejarawan sekaligus ahli hukum bernama Friedrich von Savigny memunculkan minat mereka di bidang filologi dan studi Jerman. Saat itu belum banyak orang mempelajari bidang tersebut, dan mereka bisa dianggap sebagai pelopor. Di waktu bersamaan, mereka mengembangkan sebuah dedikasi seumur hidup, yaitu mengumpulkan cerita rakyat Jerman.

Pada abad ke-19, kembali bangkit minat terhadap cerita rakyat tradisional. Inilah momen bagi Brother Grimm. Dengan kecintaan terhadap cerita rakyat ditambah adanya kebangkitan minat terhadap cerita rakyat memberikan ide bagi Brother Grimm untuk mengembangkan metodologi untuk mengumpulkan dan merekan cerita rakyat. Kelak metodologi ini dipakai sebagai dasar untuk studi cerita rakyat.

Dalam rentang tahun 1812 hingga 1857, kumpulan cerita rakyat mereka diterbitkan berkali-kali, dengan revisi dari 86 cerita menjadi 200 lebih cerita.

Kini popularitas, Brother Grimm jauh melampaui kumpulan cerita rakyat yang ditulisnya. Banyak pihak telah menerjemahkan dan memodifikasi tulisan mereka, termasuk Walt Disney dan Lotte Rieniger. Nah, bagaimana menurut teman-teman, apakah Brother Grimm penulis atau pengumpul cerita?

0 $type={blogger}:

Posting Komentar