Blog tentang cerita dongeng anak-anak, cerita pendek (cerpen) remaja - dewasa, dan penulis cerita terkemuka di dunia.

Rabu, 20 Mei 2015

Cerita Dongeng – Loreng Kuning dan Biru Langit

Cerita Dongeng – Mama pulang ke rumah, membawa dua ekor ikan guppy. Kunamai saja mereka: si Loreng Kuning dan si Biru Langit. Ikan-ikan ini terlihat cantik dan lincah betul. Mereka berenang riang gembira ke sana ke mari, seakan-akan mereka tak mengenal lelah.

Aku menjumput makanan ikan butiran, lalu menaburkannya ke dalam akuarium buatan Papa. “Meooonggg...” terdengar suara Empus, kucing persiaku. Aku melihat Empus senang dengan ikan-ikan itu.

“Meong...” Empus mengong lagi. Dia seolah mau bilang biar aku yang mengasih makanan itu pada Loreng Kuning dan Biru Langit. Aku menggeleng pada Empus. Aku takut Empus akan memakan dua ikan guppy-ku.

Aku pun menyuruhnya pergi, tapi Empus bersikeras. Aku menghela napas dan mengalah. Kugendong Empus mendekati akuarium. Empus melihat dua ikan guppy-ku dengan tatapan melotot.

Lalu, kujauhkan Empus dari ikan-ikanku. Empus terus mengeong. Aku tahu Empus takkan menyerah menangkap ikan-ikan itu.

***

Cerita Dongeng – Loreng Kuning dan Biru Langit

Karena itu, aku dan Mama menggambar ikan di kertas dan mengikatkan ekor ikan itu dengan benang. Ujung benang lainnya kuikatkan pada pensil.

Setelah jadi, aku menggoda Empus dengan mainan ikan baruku. Empus pun selalu berusaha menangkap gambar ikan itu. Pada akhirnya Empus kelelahan dan tidak mau main lagi. Yah, aku pun main bersama teman-teman di luar rumah.

***

Sekembalinya ke rumah, aku kaget melihat akuariumku kosong. Kuning Loreng dan Biru Langit tak ada lagi di dalamnya, sementara Empus duduk di dekat akuarium. Meledaklah tangisanku.

“Mamaaa...” aku berteriak, memanggil-manggil Mama, “Empus makan ikan-ikan guppy-ku nih!”

“Nggak kok!” jawab Mama buru-buru keluar dari dapur. Di tangan terlihat wadah besar, “Tadi Mama mencuci akuarium. Ikanmu Mama pindah ke wadah ini. Nih lihat!”

Aku lega dan tersenyum. Kulihat Empus tampak cemberut. Dia seolah-olah berkata, “Siapa mau makan ikan-ikanmu?” Sudah pasti kan? Empus pasti melakukannya kalau bisa. Siapa tidak tahu kucing suka ikan?

----------

Dongeng ini karangan ceritanakecil.blogspot.com, yang masuk dalam kategori: cerita anak, cerita dongeng.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar