Blog tentang cerita dongeng anak-anak, cerita pendek (cerpen) remaja - dewasa, dan penulis cerita terkemuka di dunia.

Senin, 02 November 2015

Dongeng Fabel Kelinci dan Burung Hantu

Dongeng fabel Kelinci dan Burung Hantu – Pada suatu hari, seekor Kelinci berjalan-jalan di hutan gelap, meskipun hari sudah siang. Ia melihat Burung Hantu duduk diantara ranting pohon, yang mana di sela-sela ranting tersebut terdapat cahaya datang yang sulit dilihat si Kelinci tadi. Melihat itu, ia ingin Burung Hantu menyibak rerantingan, karena ia tidak menyukai kegelapan. “Kenapa kau menyukai kegelapan Owl?” tanya Kelinci pada Burung Hantu, “Aku tidak suka kegelapan. Kuharap segala sesuatunya selalu terang-benderang seperti di siang hari.”

Burung Hantu tidak mau melakukan itu, karena tidak suka melihat cahaya terang di siang hari itu. Kelinci juga bersikeras tidak menyukai kegelapan seperti malam hari. Karena keduanya sama-sama tidak mau mengalah, maka diputuskan untuk mengadu kemampuan siapakah diantara mereka berdua yang mampu mengucapkan kata-kata “terang” dan “gelap” paling lama. Pemenang boleh menyibak hutan menjadi lebih terang.

Dongeng Fabel Kelinci dan Burung Hantu
Ilustrasi fabel dongeng binatang kelinci dan burung hantu. Credit: istimewa.

Kelinci dan Burung Hantu memanggil seluruh penghuni hutan untuk menjadi saksi. Mereka menjelaskan akan melakukan adu kemampuan. Mendengar berita itu, para penghuni hutan terpecah menjadi dua bagian. Ada beberapa binatang yang menginginkan Kelinci menang. Ada beberapa binatang yang berharap Burung Hantu yang menang.

Adu kemampuan pun dimulai, dan baik Kelinci maupun Burung Hantu pun mulai mengatakan kata-kata “terang” dan “gelap”. Kelinci mengatakan kata “terang”, sedangkan Burung Hantu mengucapkan kata “gelap”. Hingga beberapa waktu, mereka masih imbang, tapi tiba-tiba lidah Burung Hantu slip sehingga salah mengucapkan kata. Yang seharusnya “gelap” menjadi “terang”.




Kelinci menang, dan disibaklah ranting-ranting pepohon sehingga sinar matahari bisa menembus ke dalamnya.

Cerita Kelinci dan Burung Hantu ini terinspirasi dari dongeng fabel english. Ikuti terus kategori: Cerita Fabel. (Cerita Anak Kecil)

1 $type={blogger}:

  1. singkat dan jelas, bagus sekali agar anak tidak bosan mendengarnya.
    salam kenal..

    BalasHapus