Blog tentang cerita dongeng anak-anak, cerita pendek (cerpen) remaja - dewasa, dan penulis cerita terkemuka di dunia.

Kamis, 11 Januari 2018

Sepatu Baru Keina

Ceritanakecil – Nggak kerasa ya sudah seminggu berlalu sejak saya memposting cerpen anak di blog ceritanakecil.blogspot.com ini, yang berjudul: Gigi Susu Tata. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cerpen lagi nih, judulnya: Sepatu Baru Keina.

Cerpen Anak Sepatu Baru Keina

“Yes, sudah terkumpul dua ratus ribu,” kata Keina, sambil meletakkan lembar uang terakhir dari uang tabungannya yang baru dibongkar. “Sekarang aku bisa membeli sepatu baru nih. Tapi sebelum itu, aku mau searching dulu...”

Membayangkan kaki mungilnya terselimuti sepatu sneakers baru, Keina menelusur mesin pencari Google untuk mencari merek sepatu yang pas sama bujet-nya. Ia pun masuk ke sebuah toko online dan menemukan merek sepatu yang dirasa cocok.

“Pas nih...”

***

Keina bersiap berangkat ke mall terdekat untuk mencari sepatu incarannya. Begitu membuka pintu kamar, ia menemukan Mama tengah tercenung di sofa depan.

“Kenapa Ma?” tanya Keina.

“Ah nggak ada apa-apa kok,” timpal Mama.

“Tapi kok Mama nangis?”

Mama membisu.

“Ma, kenapa?” Keina mendesak Mama bercerita.

Pada akhirnya, Mama bercerita jika dirinya habis kena tipu. Ceritanya tadi ada beberapa orang datang ke rumah, lalu memberitahu jika Mama mendapatkan hadiah dari stasiun televisi nganu. Tentu Mama senang, walaupun bertanya-tanya kenapa dirinya bisa mendapatkan hadiah.

Dan orang-orang itu meminta uang pajak lebih dulu pada Mama. Saking excited-nya Mama langsung memberikannya. Padahal uang itu adalah uang arisan ibu-ibu RT. Mama bingung.

Tanpa berpikir panjang, Keina memberikan semua uang tabungan yang tadinya diniatkan membeli sepatu baru. “Ma, Keina ada uang segini. Mama pakai dulu aja,” kata Keina.

“Tapi, ini kan uang kamu, Nak,” sahut Mama.

“Nggak apa-apa. Tadinya Keina mau beli sepatu, tapi karena Mama lebih butuh uangnya buat Mama dulu deh.”

***

“Keina,” terdengar suara dari luar kamar Keina.

Keina membuka pintu dan menemukan Mama tersenyum di luar kamarnya. “Ini buat kamu!” kata Mama sambil menyodorkan kantung plastik berwarna putih.

“Apaan ini Ma?”

“Buka deh.”

Keina membuka kantung plastik putih itu. Ia melihat sepatu sneakers idamannya.

“Kok Mama bisa tahu sepatu yang aku mau?” tanya Keina, “Lagian, emang Mama punya uang?”

Mama mengangguk. “Ini Mama kembaliin uang kamu kemarin. Kemarin, orang yang nipu Mama ketangkep. Mereka kan nggak cuma nipu Mama, tapi orang-orang di sekitar sini. Karena geram, mereka langsung mencari keberadaan para penipu itu. Pas ketemu, mereka langsung dihabisi. Untung uang hasil tipu-tipu masih ada dan dikembaliin utuh.”

***

Catatan: Cerita dari cerpen anak yang ada dalam postingan ini, Ceritanakecil kembangkan kembali menjadi cerpen remaja yang lebih menarik. Teman-teman bisa membaca ceritanya di postingan ini.

Keina senang. Ia memeluk Mama. “Makasih ya Ma.”

“Ya,” kata Mama, lalu pergi dari kamar Keina.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar