Blog tentang cerita dongeng anak-anak, cerita pendek (cerpen) remaja - dewasa, dan penulis cerita terkemuka di dunia.

Kamis, 30 April 2015

Cerita Fabel Binatang: Anjing dan Bayangannya

Cerita Fabel Binatang – Seekor anjing liar memakan hasil buruannya dengan lahap di dalam hutan. Dia cukup cerdik menyisakan sepotong daging untuk dibawanya ke sarangnya. Dia membawa sepotong daging persediaan itu di mulutnya.

Untuk kembali ke sarangnya, anjing harus melewati jembatan penyeberangan sungai kecil. Ketika melintas, dia melihat bayangannya sendiri di dalam sungai.

Cerita Fabel Binatang: Anjing dan Bayangannya

Bayangannya itu terlihat lebih besar di matanya. Dia berpikir untuk merebut sepotong daging yang dilihatnya dibayangannya itu – berpikir bisa menggandakan daging miliknya.

Dia pun melepaskan potongan daging yang digigitnya untuk kemudian menyalak dan menyerang bayangannya di dalam air. Ya, karena yang diserangnya air, maka bayangannya buyar sewaktu anjing liar coba bergelut.

Begitu sadar, anjing liar telah kehilangan dua hal sekaligus: potongan daging miliknya yang pertama dan harapannya bisa mendapatkan daging tambahan. Dia naik ke tepi sungai dalam keadaan lelah, lapar lagi, dan kesal telah kehilangan daging simpanannya.

Kesekarahan menghilangkan semuanya.

Cerita fabel binatang “Anjing dan Bayangannya” dialihbahasakan-diadaptasi oleh ceritanakecil.blogspot.com dari fabel Aesop “The Dog and the Shadow”.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar