Blog tentang cerita dongeng anak-anak, cerita pendek (cerpen) remaja - dewasa, dan penulis cerita terkemuka di dunia.

Senin, 27 April 2015

Cerita Fabel Pendek: Raja Kera dan Dua Penjelajah

Cerita fabel pendek – Ada dua orang penjelajah. Salah seorangnya selalu bicara benar, sedangkan satunya tak pernah mengatakan apapun selain kebohongan. Mereka bepergian bersama yang secara kebetulan sampai ke tanah para kera.

Seorang kera, yang telah mengangkat dirinya sendiri menjadi raja, memerintahkan anak buahnya untuk menangkap keduanya. Dia ingin menanyai keduanya pendapat mengenai dirinya di antara manusia.

Anak buah Raja Kera menangkap dua penjelajah tersebut dan menghadapkannya ke depan rajanya. "Raja seperti apa aku di matamu, hai orang asing?" tanya Raja Kera pada seorang penjelajah yang suka berbohong.

"Anda tampak seperti raja paling perkasa," sahut penjelajah itu berbohong.

"Dan menurutmu apa yang anak buahku lihat padaku?"

"Mereka melihatmu layak menjadi raja dan pemimpin tentara."

Cerita Fabel Pendek: Raja Kera dan Dua Penjelajah

Raja kera dan semua anak buahnya senang mendengar kebohongan itu, memerintahkan agar hadiah diberikan pada penjelajah penjilat tersebut.

Penjelajah satunya berpikir kalau temannya yang suka berbohong saja mendapatkan hadiah, tentu dirinya akan mendapat hadiah yang lebih besar jika mengatakan kebenaran.

Raja kera berbalik ke arahnya dan bertanya, "Hai orang asing, bagaimana aku dan teman-temanku di matamu?"

"Kau adalah kera yang baik. Semua teman-temanmu juga kera yang baik, setelah mencontoh dirimu," sahut si penjelajah. Mendengar hal ini Raja Kera dan anak buahnya marah, kemudian mencakar dan menggigiti si penjelajah yang suka berkata benar.

Nb. Cerita fabel pendek ini dialihbahasakan oleh ceritanakecil.blogspot.com dari Aesop's Fable berjudul The Apes and Two Travellers.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar