Blog tentang cerita dongeng anak-anak, cerita pendek (cerpen) remaja - dewasa, dan penulis cerita terkemuka di dunia.

Kamis, 30 April 2015

Fabel Binatang: Seekor Anjing yang Tidur di Atas Manger

Fabel binatang – Di tengah siang yang terik, seekor anjing penjaga sapi ternak merasa lapar dan haus. Dia pergi mencari makanan dan minuman di tempat yang telah disediakan tuannya.

Selesai makan angin bertiup sepoi-sepoi, membuat matanya mengantuk. Dia pun pergi ke kandang sapi untuk tidur di manger (tempat makan sapi ternak yang panjang). Karena sapi sedang dipakai untuk membajak oleh tuannya, anjing dengan bebas berbaring di manger di atas jerami yang membuat tubuhnya terasa nyaman.

Tidak terasa hari sudah sore, sapi pun kembali ke kandang setelah bekerja berat seharian penuh. Dia pun mendekati manger untuk bisa makan beberapa jerami enak.

Fabel Binatang: Seekor Anjing yang Tidur di Atas Manger

Tapi di sana ada anjing penjaga. Sapi pun membangunkannya, seraya memberitahu bahwa dirinya ingin makan jerami yang ada di manger. Anjing terbangun dan langsung menyalak. Dia marah karena tidur nyenyaknya sudah digganggu.

Tiap kali sapi berusaha mengambil jerami, anjing penjaga berusaha menggigitnya. Pada akhirnya, sapi menyerah untuk makan jerami. Dia pergi sambil bergumam:

“Orang sering mendendam pada orang lain karena tidak bisa menikmati apa yang mereka miliki.”

Fabel Binatang: Seekor Anjing yang Tidur di Atas Manger dialihbahasakan-diadaptasi oleh ceritanakecil.blogspot.com dari Fabel Aesop “The Dog in the Manger”.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar