Blog tentang cerita dongeng anak-anak, cerita pendek (cerpen) remaja - dewasa, dan penulis cerita terkemuka di dunia.

Rabu, 10 Juni 2015

Cerita Fabel Angsa dan Kura-kura

Cerita Fabel Angsa dan Kura-kura – Ada sepasang angsa undan dan kura-kura tinggal di sebuah danau kota Magdha. Mereka bersahabat.

Suatu hari beberapa orang nelayan datang ke danau itu. Mereka berencana menangkap ikan dan kura-kura.

Mendengar percakapan para nelayan, kura-kura mengajak sepasang angsa undan berdiskusi untuk memutuskan apa yang harus mereka lakukan guna menghindari para nelayan. Kura-kura kemudian meminta sepasang angsa undan membantunya pergi dari danau di kota Magdha.

Dua angsa undan itu berpikir ide dari kura-kura sangat berbahaya, karena para nelayan pasti telah menyebar di sekeliling danau. Kura-kura menjawab, “Bagaimana bila kalian mengangkatku?”

“Masing-masing dari kalian menggigit ujung kayu, nanti aku menggigit tengah kayu di mulutku. Bila kalian terbang, aku akan bisa ikut terbang bersama kalian,” kura-kura memberi penjelasan.

Dua angsa undan berpikir ide yang sangat bagus, walaupun di satu sisi sangat berbahaya. Jika sampai kura-kura membuka mulutnya tentu akan terjatuh. “Kalian pikir aku ini bodoh?” tanya kura-kura.

***

Cerita Fabel Angsa dan Kura-kura
Ilustrasi cerita fabel Angsa dan Kura-kura.

Hari H, dua angsa undan dan kura-kura melaksanakan rencana mereka. Mereka terbang ke angkasa melintasi danau dan para nelayan.

Sampai di tanah lapang, para penggembala sapi dan kambing melihat mereka bertiga. Mereka kaget dan berteriak-teriak.

Satu penggembala bilang akan memanggang kura-kura bila jatuh ke tanah. Satu penggembala lainnya bilang akan memotong kura-kura dan memakannya mentah-mentah.

Kata-kata itu membuat kura-kura marah. Dia ingin memaki para penggembala itu. Sayang, begitu lagi membuka mulut dan belum sempat berkata apa-apa, kura-kura jatuh ke bawah. Tak butuh waktu lama bagi para penggembala untuk berebut mendapatkan kura-kura dan membunuhnya.

Dua angsa undan hanya melihat sahabatnya dengan sedih. Mereka menyesal kura-kura lupa pada nasihat yang mereka berikan.

Itulah cerita fabel angsa dan kura-kura, yang dialihbahasakan ceritanakecil.blogspot.com dari cerita fabel singkat Aesop. Silakan dishare ke Facebook, Twitter, atau sosial media lainnya jika dirasa cerita ini bermanfaat. [CAK]

0 $type={blogger}:

Posting Komentar